Wisata Alternatif di Bandung Selatan.

Wisata Alternatif di Bandung Selatan.

Setiap akhir pekan, terlebih pada hari-hari libur, ratusan bahkan ribuan orang menyerbu tujuan wisata di berbagai kawasan.
Di Bandung Selatan terdapat beberapa objek wisata yang sudah terkenal menjadi tujuan wisata alam. Wilayah wisata Ciwidey menjadi tujuan utama para wisatawan dari Bandung, Jakarta, dll karena wilayah tersebut kaya akan objek wisata alam yang unik dan eksotik. Terdapat objek wisata Kawah Putih, pemandian air panas Cimanggu dan Ciwalini, ternak rusa di Ranca Upas, dan Situ Patenggang danau yang terletak di tengah hamparan kebun teh yang hijau mempesona. Rangkaian objek wisata tersebut ditunjang dengan aneka kreativitas masyarakat setempat seperti tersedianya kebun stroberi dan aneka produk turunannya, sayur mayur khas pegunungan, kalua jeruk, berondong jagung, dll.
Disamping wilayah Ciwidey terdapat wilayah wisata yang sangat layak untuk menjadi tujuan wisata Bandung Selatan yaitu wilayah Pangalengan. Dari dahulu wilayah Pangalengan sudah terkenal dengan wisata kebun teh Malabar (tea walk), Objek wisata arung jeram Sungai Cisangkuy dan Sungai Palayangan, Danau Situ Cileunca, dan pemandian air panas Cibolang.
Kurang lebih 10 km sebelum Pangalengan tepatnya di betulan Cimaung arah ke kiri terdapat objek wisata alam Gunung Puntang yang sejuk, asri, alami. Di daerah tersebut terdapat Bumi Perkemahan Gunung Puntang yang didalamnya terdapat objek sejarah peninggalan zaman Belanda yaitu bekas Station Radio Malabar (NIROM) yang konon pernah mengudarakan Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 ke seantero dunia.
Menurut Babad Banjaran, Prabu Siliwangi gelar Prabu Manah Rasa sering berkunjung dan beristirahat di taman Gunung Puntang ini.
Berdampingan dengan Bumi Perkemahan Gunung Puntang terdapat objek wisata Taman Bougenville. Objek wisata ini terkenal karena kesegaran udaranya, keindahan dan kebersihannya. Tempat ini merupakan arena wisata berhawa sejuk dengan suasana alam hutan pegunungan ladang, sawah yang asri, alami. Terdapat dua kolam renang Cikahuripan dan Sipatahunan dengan airnya yang jernih,  asli alami bersumber dari mata air pegunungan. Kolam renangnya dilengkapi dengan beberapa seluncuran dan waterboom. Areal Taman Bougenville terbelah oleh sungai Cigeureuh dengan airnya yang jernih mengalir di sela-sela bebatuan. Ada rawayan (jembatan bambu) yang menghubungkan kedua sisi sungai. Kita juga bisa menginap di villa kayu bergaya country yang disediakan di resort ini. Berkunjung ke Taman Bougenville kita meninggalkan rutinitas, seolah menyatukan diri kita dengan alam, menghilangkan kejenuhan sekaligus membangun kembali kesegaran jasmani-rohani secara alamiah. Resort ini juga dapat dipakai untuk acara perkemahan ataupun outbound karena memiliki lapangan rumput yang cukup luas, bahkan untuk bermain perang-perangan (paintball). Destinasi wisata Gunung Puntang dapat menjadi pilihan alternatif bagi yang akan berlibur di Bandung Selatan.